7 Tips Merawat Motor Matic

7 Tips Merawat Motor Matic

Punya Motor Matic dan Bingung Merawatnya? Baca 7 Tips Merawat Motor Matic Berikut Ini!

sumber gambar : https://kabar6.com/begini-cara-merawat-cvt-motor-metik-agar-tetap-optimal/

Sebagai pengguna motor matic, saya tahu betul bahwa mengurus motor matic itu perlu perawatan ekstra. Terlebih motor matic harus lebih sering dicek kondisinya ke bengkel. Tujuannya tentu agar motor matic tetap baik-baik saja.

 

Nah buat Anda yang juga punya motor matic, saya mau berbagi tentang cara merawat motor matic agar motor matic Anda awet.

 

Cara Merawat Motor Matic

 

  1. Memanaskan motor

 

Sebenarnya motor jenis apapun sebaiknya memang dipanaskan terlebih dulu, termasuk matic. Motor matic sebelum digunakan ke jalanan alangkah baiknya untuk dipanaskan dulu. Kenapa harus dipanaskan? Tujuannya agar oli di dalam motor meatci sudah melumasi mesin ketika digunakan di jalanan.


Usahkan panaskan motor matic Anda 5 menit sampai 10 menit. Setelah itu baru gunakan. Anda bisa mencoba perbedaan penggunaan antara yang dipanaskan dan tidak. Umumnya motor yang dipanaskan akan memiliki performa yang baik dan maksimal di jalanan.

 

  1. Rem dan Gas Secara Mendadak


Saya pernah punya motor matic yang sering masuk ke bengkel. Mesin bagus tapi ternyata bagian van belt sering aus. Hal ini disebabkan karena saya saat memakai motor matic sering melakukan rem tiba-tiba saat sedang melaju dalam kecepatan rendah. Hal yang sama berlaku ketika saya sering ngegas tiba-tiba dari posisi rem.


Cara mengendari seperti itu umum terjadi di jalan macet atau di jalan kecil yang penuh dengan polisi tidur. Dan ternyata hal tersebut kurang bagus karena bisa menyebabkan mesin cepat rusak. Yang paling banter adalah menurunnya umum V-belt yang harus cepat ganti. Karena itu, sebaiknya tidak usah rem dan gas secara mendadak alias penggunaan kecepatan motor yang tak stabil.

 

  1. Jangan Mengisi BBM Saat Tangki Kosong

 

Sudah jamak ditemukan orang yang mau ngisi BBM biasanya kondisi tangkinya sudah sedikit. Saya juga gitu. Saat jarum penunjuk tangki menunjuk huruf E, barulah saya isi. Padahal alangkah lebih baiknya diisi sebelum benar-benar habis.

 

Kalau di E dan bensin masih ada sih gak terlalu masalah tapi kalau sampai kosong dan sampai motor matic Anda tak bisa jalan, itu masalah. Apalagi jika sering. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengisi bahan bakar motor matic Anda sebelum tangki kosong.

 

  1. Pergantian Oli Motor Rutin


Banyak oli motor matic yang mengklaim bisa bertahan sampai ribuan KM. Salah satu oli motor matic malah diklaim bisa bertahan sampai 4000 KM. Nah, sebaiknya Anda tidak termakan iklan tersebut karena paling bagus oli itu bertahan rata-rata 1000 KM sampai 2000 KM.

 

Jika motor matic Anda sudah mencapai kecepatan tersebut dari sejak ganti oli, sebaiknya langsung ganti oli. Anda juga perlu mengganti oli transmisi motor maksimal saat motor  sudah mencapai 5000 KM

 

  1. Cek Kondisi Aki dan Busi

Jangan lupakan juga dua komponen motor matic Anda, yakni aki dan busi. Cek kondisi kedua komponen ini agar perjalanan Anda tetap stabil Terutama busi karena busi adalah komponen penting agar motor matic Anda bisa melaju dengan baik dan cepat.


Jika ada kerusakan pada dua komponen ini, segera ganti aki dan busi dengan yang lebih baru. Dan tentu saja belilah aki dan busi dari bengkel resmi atau paling tidak Anda membeli yang asli yang berasal dari pabrikan motor tersebut.

 

  1. Periksa Roler dan V-Belt.

 

Roler dan V-Belt adalah dua komponen lain yang penting di motor matic. Tanpa dua komponen ini, motor matic Anda tidak akan bisa melaju.

 

Roler dan V-Belt ada di bagian CVT yang biasanya posisi ada di sebelah kiri motor. Jika Anda melakukan servis motor, sebaiknya cek juga CVT untuk melihat kondisi roler dan V-belt. Jika sudah rusak atau aus, segera ganti dengan yang baru.

 

  1. Ganti Oli Shockbreaker

 

Shockbreaker adalah komponen motor matic yang menopang bagian jok. Komponen ini perlu diganti jika motor matic Anda sudah mencapai 10000 KM. Jika tidak, jok motor biasanya tidak stabil dan aus. Selain itu, jangan lupakan juga untuk mengganti oli shockbreaker agar bisa berfungsi dengan baik.

 

Nah itulah 7 tips merawat motor matic Anda, baik untuk motor matic injeksi maupun yang biasa. Semoga tips tersebut membantu Anda yang punya motor matic jika motor di rawat dengan baik maka jika anda hendak mengadaikan bpkb motor tersebut akan sangat mudah di gadaikan di www.gadaibpkbku.com.

 

www.gadaibpkbku.com

Call Now Button
WhatsApp chat