Our Blog

5 Tips Mengelola Keuangan Bagi para Karyawan

5 Tips Mengelola Keuangan Bagi para Karyawan

 

sumber gambar : https://wolipop.detik.com/read/2011/10/17/131114/1745695/1133/tips-mengelola-uang-setelah-tak-lagi-jadi-karyawan

Jika membandingkan karyawan dan pengusaha, seringkali orang berpikir kalau pengusaha lebih kaya. Padahal, belum tentu. Nyatanya, jika karyawan punya banyak aset dibanding pengusaha, sudah pasti si karyawan bisa lebih kaya.

Mengapa? Karena aset bisa bekerja sendiri untuk para karywan, kalaupun tidak, aset tetap dimiliki dan suatu hari bisa untuk dijual kembali. Karena itu penting bagi karyawan untuk punya aset.

Masalahnya, tidak semua karyawan mau mengatur keuangannya agar punya aset. Biasanya karena uang gaji  yang datang cepat hilang. Lama masuk saku, keluarnya cepat melulu. Nah karena itu, penting bagi Anda para karyawan untuk mengatur keuangan agar Anda punya tabungan atau malah memiliki aset.

Dan berikut 5 tips penting dalam mengelola keuangan bagi karyawan agar bisa menata kehidupan di masa depan.

 

1, Tidak fokus pada gaji

Para karyawan banyak yang berpikir kalau mereka bekerja pada berapa nilai gaji yang mereka dapatkan. Padahal, alangkah baiknya Anda sebagai karyawan tidak fokus pada nilai gaji. Yang perlu Anda fokuskan justru adalah bagaimana mengelola gaji tersebut berapapun nilainya.

Jika gaji Anda besar tapi tidak bisa mengelolanya, jelas Anda akan merasa selalu kurang dalam hal gaji. Karena  itu penting agar Anda tidak fokus pada gaji.

 

  1. Berinvestasi

Tidak sedikit karyawan yang punya bisnis sampingan. Dan masih banyak juga karyawan yang masih mengandalkan gaji sebagai saluran utama pemasukan. Nah, Anda harus masuk pada kategori pertama yakni punya investasi di bidang tertentu agar Anda punya pemasukan tambahan.

Anda bisa menyisikan gaji Anda untuk modal investasi, misalnya membuka warung makan. Nah, jika modal yang dikumpul masih belum cukup tapi Anda ingin segera buka bisnis, Anda bisa meminjam uang pada rumah gadai BPKB. Nilainya bisa untuk modal Anda. Tapi usahakan cicilannya tidak terlalu besar.

 

  1.  Beli yang kita butuhkan

Anda para karyawan sebaiknya tidak tergoda dengan barang yang mahal yang jadi keinginan Anda. Istilahnya jangan tergoda dengan barang yang Anda inginkan. Misalnya, Anda ingin punya iPhone X yang harganya belasan juta padahal Anda tidak butuh-butuh amat.

Hape Anda yang sekarang masih cukup bisa diandalkan. Jika memang saatnya ganti hape karena rusak atau hilang, sebaiknya beli yang terjangkau tapi masih cukup mumpuni untuk kebutuhan Anda.

Jadi agar keuangan Anda bisa lebih  tertatur, hindari barang yang Anda inginkan dan fokuslah pada barang yang Anda butuhkan.

 

  1.  Membagi pengeluaran

 

Bagilah pengeluaran Anda dalam beberapa pos. Hal ini penting dilakukana gar Anda bisa mengelola keuangan dengan baik. Anda bisa membagi pengeluaran dari gaji Anda dengan hitungan 30% untuk hutang Anda (cicilan ataupun bayaran bulanan), 50% untuk kebutuhan Anda, 10% untuk tabungan dan 10% untuk beramal.

Tidak harus mutlak dengan rumus tersebut, tapi fokusnya jika Anda punya hutang, sebaiknya jumlah maksimal 30% dari gaji  Anda. Jangan lebih dari 30%. Persentasi lainnya bisa Anda atur sendiri.

 

  1. Punya target yang jelas

Jika Anda ingin mengelola keuangan dengan baik, buatlah target yang jelas dari rencana keuangan Anda. Misalnya jika Anda ingin punya mobil. Rencanakan keuangan Anda untuk menabung berapa lama Anda akan mendapatkan mobil tersebut. Artinya perencanaan dan durasi waktunya harus jelas.


Itulah 5 poin penting yang bisa Anda terapkan dalam mengelola keuangan Anda. Kelima tips tersebut bisa mulai Anda terapkan agar Anda tidak selalu bergantung pada gaji tapi juga mampu mengelola keuangan dengan baik bahkan punya aset. Selanat Mencoba!

www.gadaibpkbku.com

Leave A Comment

Call Now Button