Our Blog

5 Cara Membedakan BPKB Asli dan BPKB Palsu

Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Membedakan BPKB Asli dan BPKB Palsu

5 Cara Membedakan BPKB Asli dan BPKB Palsu

Bukti sah dalam kepemilikan kendaraan adalah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Dokumen ini merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh para pemilik kendaraan. Saking pentingnya, BPKB bisa dijadikan alat penjamin ketika Anda meminjam uang di rumah gadai BPKB motor ataupun Gadai BPKB mobil.

 

Karena perannya yang penting, BPKB adalah faktor yang perlu diperhatikan ketika Anda membeli kendaraan, terutama kendaraan bekas. Misalnya, jika Anda ingin membeli sepeda motor bekas, pastikan kalau Anda juga mendpatkan BPKB motor  tersebut.

 

Sayangnya, pernah ada kejadian sindikat para pembuat BPKB palsu. Tidak hanya BPKB tapi juga surat tanda nomor kendaraan alias STNK juga dipalsukan oleh sindikat ini. Tentu saja jika hal ini terjadi akan menimbulkan kerugian bagi para konsumen. Banyak lho di berbagai daerah para sindikat yang masih memalsukan BPKB dan STNK.

 

Karena itu, jika Anda membeli kendaraan, sepeda motor bekas maupun mobil bekas pastikan dokumen yang Anda terima juga asli. Jangan sampai Anda mendapatkan BPKB palsu sehingga membuat Anda susah dalam mengurus administrasi kedepannya. Bukan susah lagi tapi juga Anda mengalami kerugian.

 

Nah sebelum kejadian, ada baiknya, Anda perlu tahu dulu perbedaan BPKB asli dengan yang palsu. Perbedaan ini dimaksudkan agar Anda bisa lebih hati-hati ketika membeli kendaraan. Apa saja ciri-cirinya? Berikut kelima ciri-ciri BPKB asli yang perlu Anda tahu.

 

  1. Cover Mengkilap

 

BPKB palsu memang tampak mirip dengan BPKB asli. Tapi BPKB asli punya ciri jelas yang perlu Anda tahu. Ciri tersebut adalah pada bagian cover BPKB yang tampak lebih mengkilap dibandingkan yang palsu.

Jadi, jika Anda mengecek BPKB dan tidak terlihat mengkilap di bagian cover, Anda patut curiga kalau itu BPKB palsu.

 

  1. Hologram Tak Berubah Warna

 

BPKB asli punya hologram warna perak. Hologram ini takan berubah warnanya meskipun Anda sorotkan ke sinar. Beda dengan yang palsu, yang jika Anda pantulkan pada sinar matahari warnanya akan tampak menjadi lebih kuning.

 

  1.  Nomor di Bawah Hologram

 

Di bagian bawah hologram terdapat nomor yang mengacu pada kategori pemilik kategori berdasarkan tempat ia tinggal. Tapi harus diingat, ada sejumlah nomor yang tak bisa diketahui karena merupakan data yang bersifat rahasia.  Pastikan jika BPKB Anda punya nomor di bagian hologram ini.

 

  1. BPKB Palsu Dicetak ulang

 

BPKB palsu sering ditemukan merupakan cetak ulang dengan nama identitas pemilik yang tampak sudah dihapus. Jadi, jika BPKB asli akan ada jelas identitas pemilik. Sementara yang palsu, akan tampak seperti identitas pemiliknya yang tampak dihapus kemudian dicetak ulang dan diganti identitas baru.

 

  1. Logo Korlantas

 

Ciri terakhir terdapat pada halaman 14 di BPKB. Pada BPKB yang asli, pada halaman 14 terdapat logo Korlantas, Logo ini hanya akan muncul jika diberi cahaya ultraviolet. Oh yah, kertas pagda bagian ini punya tekstur kasar yang mirip-mirip polanya dengan logo.

 

Apabila Anda menemukan BPKB yang pada halaman 14 tidak ditemukan ciri-ciri tersebut, bisa dipastikan BPKB tersebut palsu. Anda jgua bisa mengeceknya dengan memakai sinar ultraviolet di halaman 14. Cek apakah di bagian tersebut terdapat logo Korlantas atau tidak. Jika tidak, bisa dipastikan atau kemungkinan besar BPKB tersebut adalah BPKB palsu.

 

Itulah 5 ciri yang membedakan BPKB asli atau BPKB palsu. Semoga setelah mengetahui ini, Anda bisa lebih hati-hati ketika transaksi kendaran bermotor dan selalu mengecek keaslian logonya.

 

Leave A Comment

Call Now Button
WhatsApp us