Inilah 4 Merek Mobil Cina yang Hadir di Indonesia!

Inilah 4 Merek Mobil Cina yang Hadir di Indonesia!

Di dunia otomotif, ada pakem bahwa kendaraan asal Tiongkok atau Cina mesinnya tidak bagus sehingga masyarakat Indonesia kurang begitu percaya dengan produk asal Tiongkok. Hal yang sama sebenarnya terjadi di industri ponsel. Tapi belakangan justru ponsel merek Cina laku di pasaran dan sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat.

 

DI dunia otomotif, sebenarnya merek Cina di Indonesia sudah hadir dan mencoba mendobrak dominasi mobil besutan Korea dan Jepang. Sayangnya, kiprahnya tidak begitu disoroti media. Padahal, secara kualitas mobil dari Cina sudah cukup baik.

 

Belakangan, produsen asal Cina mengejutkan pasar mobil di Indonesia. Banyak warga Indonesia yang kini mulai perlahan percaya kepada mobil asal Cina. Lantas, merek mboil asal Cina apa sajakah yang hadir di Indonesia? Berikut ulasannya.

 

  1. Wuling

 

Link Gambar

 

Wuling adalah merek asal Cina yang mampu mendobrak paragidma tentang mobil buatan Cina. Kehadrain Wuling Cortez dengan kapasitas 1,8 liter dan dibanderol dengan harga kisaran Rp 218 juta sampai Rp 264 juta menjadi bukti bahwa mobil besutan Cina mampu bersaing.

 

Wuling Cortez ini mampu menarik perhatian banyak orang. Banyak yang mengatakan kalau Wuling Cortez  mampu bersaing dengan mobil Mitsubishi maupun Toyota.di kelas LMPV maupun LSUV.

 

Wuling sendiri hadir di Indonesia di bawah naungan oPT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors).  Wuling punya lokasi pabrik yang ada di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini dibangun dengan dana USD 700 juta hasil kolaborasi tiga pemegang saham, yakni SAIC, General Motors, dan Guangxi Automobile.

 

  1. Sokon

 

Link Gambar

 

Sokon adalah merek asal Tiongkok yang memang baru hadir di pasaran Indonesia, sama seperti Wuling. Sokon hadir di bawah naungan PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) APM. Sokon akan menghadirkan beberapa jenis mobil seperti SUV ataupun MPV. T

 

Tiipe mobil kendaraan niaga ringan pun akan diproduksi oleh Sokon di pabrik barunya yang lokasi ada di Modern Cikande, Serang, Banten. Pabrik seluas 20 hektar ini akan memproduksi mobil dengan jumlah produksi 50.000 unit per tahun.

 

Mengingat kesuksesan Wuling yang mampu menarik kepercayaan masyarakat, mobil produksi Sokon pun cukup dinanti. Terlebih Sokonmemasuki pasaran dengan mobil andalan yakni Sokon Glory 580. Menilik spesifikasinya, mobil ini bersaing dengan Honda CR-V Turbo yang harga jualnya lebih mahal.

 

  1. Geely

 

Link Gambar

 

Geely adalah merek produsen asal Tiongkok yang sudah lama hadir di Indonesia. Merek ini pernah mengakusisi Volvol -produsen asal Swedia. Karena itu, nama Geely cukup diperhitungkan.

 

Geely masuk ke Indonesia pada 2009. Sebelumnya, Geely sudah dikenal di Tiongkok sebagai produsen terbesar disana. Di Indonesia, Geely hadir dengan produk Geely MK dan Geely MK2. Mobil tersebut dipasarakan pada kisaran 120 jutaan dan cukup mendapat kesuksesan saat hadir di Indonesia.

 

Geely juga punya tipe mobil yang disebut Geely Panda. Mobil ini lebih murah dibanding mobil LCGC sehingga cukup menarik perhatian banyak orang. Geely Indonesia sempat mengalami krisis internal yang membuat pamornya menurun. Penjualan pun tidak begitu bagus tapi belakangan Geely mulai bangkit kembali dan siap meramaikan pasar Indonesia.

 

  1. Chery

 

Link Gambar

 

Chery adalah produsen mobil asal Cina yang juga sudah hadir lebih lama. Chery datang ke Indonesia dengan membawa dua tipe mobil Chery QQ dan Tiggo. Sayangnya, kpriah Chery tidak begitu mulus di Indonesia.  

 

Chery hanya mampu menjual ksiaran 1085 unit pada 2011. Tahun 2012, Chery mampu menjual 215 unit mobil mereka. Sayangnya, semenjak itu tak terdengar lagi nama Chery di bursa atau pamera mobil tekremuka.

 

Merek mobil Chery sendiri masuk ke Indonesia lewat Indomobil Kemudian dilepas oleh Indomobil dan datang dengan membawa nama Chery Mobil Indonesia (CMI). Sayangnya, tak ada kabar lagi kelanjutan dari Chery Mobil Indonesia (CMI).  Tidak ada data penjualan dari Chery Mobil Indonesia.

 

Kehadiran Wuling di Indonesia memang membuat nama Chery kembali dicari. Pasalnya, banyak orang Indonesia penasaran selain Wuling, apakah ada mobil besutan Tiongkok lainnya atau tidak.  Tapi mudah-mudahan sih, dengan kehadiran Wuling yang mendapat kepercayaan besar dari masyarakat Indonesia, akan banyak lagi merek asal Cina yang masuk ke Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Call Now Button