Our Blog

6 Tips Berikut Sebelum Anda Membeli Motor Matic

Perhatikan 6 Tips Berikut Sebelum Anda Membeli Motor Matic

6 Tips Berikut Sebelum Anda Membeli Motor Matic

Sepeda motorvarian matic menjadi tipe sepeda motor yang paling laris di Indonesia. Di jalanan perkotaan misalnya, jumlah orang yang m,enggunakan motor matic tergolong tinggi. Alasan karena motor matic lebih mudah dikendarai dan juga punya mobilitas yang lebih tinggi membuat tipe motor matic ini jadi favorit banyak orang. Jangan lupakan juga dengan bentuk desain motor matic yang lebih menarik jika dibandingkan motor bebek bergigi manual.

 

Tidak heran, jika produsen motor yang menguasai pasar Indonesia cenderung mengandalkan matic sebagai andalannya. Tapi tahukah Anda, meskipun motor matic laris di pasaran, ada hal-hal yang harus jadi konsekuensi ketika Anda membeli motor matic. Karena itu, penting untuk tahu bagaimana seharusnya Anda membeli motor matic atau dalam hal ini tips membeli motor matic.

 

Sebelum menjalaskan lebih lanjut, Anda harus tahu dulu faktor yang bisa dibilang jadi kekurangan dari motor matic jika dibandingkan motor bebek bergigi manual. Faktor tersebut diantaranya sebagai berikut

 

  • Boros Bahan Bakar

 

Jika dibandingkan dengan motor manual, motor matic cenderung boros. Meskipun sekarang ada tipe motor matic injeksi tetap saja akan cenderung lebih boros jika dibandingkan dengan motor bebek bergigi manual. Tapi hal ini juga bergantung pada cara Anda memakai motor matic tersebut.

 

  • Diameter Roda yang Lebih Kecil

 

Motor matic diciptakan untuk jalanan di ibu kota yang medan jalannya lebih mulus. Motor matic kurang nyaman jika harus melewati jalan yang tak rata, seperti polisi tidur atau jalan berlubang. Pasalnya, diametor roda motor matic lebih kecil jika dibandingkan motor bergigi manual.. Karena itu, memakai matic pada jalanan yang tak rata akan terasa kurang nyaman.

 

  • Perawatan Matic Mahal

 

Matic menggunakan CVT (continuously variable transmission) untuk perputaran roda dan bukan rantai seperti pada motor manual. CVT ini harus sering dicek karena merupakan bagian yang vital.  Anda harus rajin cek CVT ini di bengkel. Karena seringnya cek CVT sekaligus perawatan, maka biaya sekali servis motor matic akan lebih mahal jika dibandingkan motor matic manual.

 

  • Rawan untuk beban berat

 

Motor matic punya ketahanan beban  yang kurang baik karena hanya menggunakan satu shockbreaker saja atau monoshock. Berbeda dengan motor bergigi manual  yang punya dual shock sehingga bisa lebih kuat menahan beban berat.

 

Poin-poin tersebut harus Anda pertimbangkan terlebih dulu. Jika poin-poin tersebut bukanlah masalah yang besar bagi Anda, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk beli motor matic. Tapi sebelum membeli motor matic, Anda perlu memperhatikan tips-tips berikut ini.

 

  1. Cari yang Lebih Irit

 

Motor matic memang boros jika dibandingkan dengan motor manual. Tapi mari cari yang lebih irit dari yang boros ini alias membandingkan motor matic yang satu dengan yang lainnya. Jika Anda butuh yang memang sedikit lebih irit, maka pilihannya jatuh pada motor matic dengan kapasitas antara 108cc – 110cc saj dengan kaa.

 

Motor matic dengan kapasitas 108cc – 110cc adalah motor matic besutan Honda. Yang paling laku di pasaran adalah Honda Beat. Anda juga bisa memilih Honda Scoopy dan Honda Vario. Bukan apa-apa, tipe motor matic dari Honda memang paling irit.

 

  1. Memilih yang Lebih Sporty

 

Jika Anda tidak terlalu mempermasalahkan soal irit bahan bakar dan lebih ke soal gaya hidup, maka Anda bisa memilih motor matic sporty. Atau motor matic kelas premium. Tipe motor matic ini lebih gagah dan lebih nyaman. Tipe motor matic di kelas ini yang paling populer adalah Yamaha Nmax

 

  1. Kunci Anti Maling

 

Populernya motor matic membuat motor ini cukup rawan pencurian. Karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pilihlah motor matic yang sudah dilengkapi dengan kunci anti maling atau kunci magnet otomatis.

 

  1. Bodi Ramping atau Kenyamanan

 

Jika Anda punya mobilitas yang tinggi, motor matic dengan bodi yang ramping adalah pilihan teepat. Motor matic dengan bodi ramping lebih leluasa bergerak. Honda Beat adalah contoh tipe motor ini.

 

Jika Anda butuh motor matic yang lebih nyaman, tentu motor matic yang ukuran lebih besar bisa Anda pilih. Anda bisa memilih Honda Vario 125, Yamaha Nmax, atau Honda PCX sekalian.

 

  1. Pilih yang Ada Lock Rem

 

Ada beberapa tipe motor matic yang dilengkapi dengan lock rem. Tipe ini lebih baik untuk dipilih mengingat motor matic umumnya memiliki bodi yang berat. Kehadiran lock rem akan membuat Anda terhindar dari kejadian seperti tergelincir atau saat mengalami kemacetan di jalanan yang menanjak curam.

 

  1. Spare Part

 

Yang satu ini perlu Anda perlu perhatikan juga. Saat terjadi pergantian pada bagian motor matic Anda, usahakan agar Anda membeli spare part yang asli, terutama bagian dalam. Semisal memakai V-belt yang asli. Hindari penggunaan spare part yang murahan. Sebaiknya membayar lebih mahal sedikit tapi lebih awet.

 

Nah itulah pemaparna soal tips merawat motor matic. Semoga Membantu!

Leave A Comment

Call Now Button