Conton susunan Surat Pengunduran Diri yang baik dan benar

Conton susunan Surat Pengunduran Diri yang baik dan benar

Banyak yang mencari referensi Contoh surat pengunduran diri yang benar itu kayak gimana sih? Kok kalau cari di internet, contoh-contoh yang dikasih kelihatannya udah ketinggalan zaman ya?

Bisa jadi kamu dapat informasi tentang contoh surat pengunduran diri atau resign dari sumber yang gak up to date tuh. Emang sih banyak yang berpikir membuat surat resign itu gak perlu diambil pusing. Toh, atasan seenggaknya udah tahu kita resign.

Namun, gimana pun juga dengan adanya surat resign, kamu memiliki nilai positif di mata atasan. Sebab apa yang kamu tulis mewakilkan sikap sekaligus bentuk ucapan terima kasihmu karena telah diberi kesempatan buat berkontribusi ke perusahaan selama anda bekerja.

Makanya dari itu mulai dari sekarang perhatikan benar-benar deh gimana cara membuat surat pengunduran diri yang semestinya dan pastinya menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dalam ulasan kali ini, Moneysmart mau membahasnya nih. Disimak yuk!

Pentingnya membuat surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri menjadi bukti otentik kalau kamu benar-benar dan secara sadar memutuskan buat resign dari pekerjaan. Dengan begitu, segala hal terkait dengan pengunduran dirimu bisa diurus perusahaan dengan segera.

Misalnya aja gaji terakhir yang kamu terima, surat paklaring, hingga penyerahan fasilitas-fasilitas yang kamu gunakan selama bekerja. Selain itu, ada beberapa hal penting lainnya yang menjadi alasan kenapa surat resign itu perlu dibuat.

Berikut ini adalah pentingnya membuat surat resign.

  • Menyampaikan surat pengunduran diri menjadi pertanda keseriusan kamu buat resign.
  • Memberi surat pengunduran diri ke perusahaan menunjukkan integritasmu di mata perusahaan sebagai seorang yang profesional.
  • Menyerahkan surat pengunduran diri sama dengan menyampaikan ucapan terima kasih ke perusahaan atas kesempatan yang telah diberikan kepadamu.
  • Membuat surat pengunduran bisa mewakili sikap hormatmu kepada perusahaan.

Jadi, udah jelas kan sekarang betapa pentingnya membuat surat pengunduran itu. Terus gimana nih cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar?

Conton susunan Surat Pengunduran Diri yang baik dan benar

Lalu, bagaimana bikin susunan surat yang baik? (Shutterstock)

Ini nih bagian penting yang sebaiknya kamu tahu dari membuat surat resign. Kamu perlu perhatikan gimana susunan-susunannya. Jangan sampai ada bagian-bagian yang salah penempatannya.

Bersumber dari Forbes, berikut ini adalah susunan penulisan surat pengunduran diri yang perlu kamu perhatikan.

1. Bagian awalan surat pengunduran diri

Pada bagian ini, kamu gak perlu memberi awalan yang muluk-muluk atau terlampau kreatif. Kamu bisa memulainya dengan menyampaikan salam terlebih dahulu. Kemudian menginformasikan kalau kamu mengundurkan diri.

Setelah itu, dilanjutkan dengan menginformasikan posisi dan perusahaan. Sampaikan juga dalam awalan ini kapan hari terakhir atau last day di kantor.

2. Bagian tengah berisi ucapan terima kasih

Di dalam surat resign jangan lupa buat mengucapkan kata-kata terima kasih ke atasanmu. Beritahu apa aja yang telah kamu rasakan dan pelajari selama bekerja.

Beritahu juga udah berapa lama kamu bekerja. Terus ceritakan secara spesifik hal-hal baru yang telah kamu dapatkan selama bekerja.

3. Bagian terakhir mengenai kesediaan kamu membantu masa transisi

Pada bagian terakhir, tawarkan kesediaan kamu dalam membantu masa transisi. Beritahu juga di dalam surat resign, selama masa tersebut, kamu memastikan tugas-tugas yang masih tersisa diselesaikan dengan baik.

Contoh-contoh surat pengunduran diri

Tadi kan udah dijelaskan gimana susunan-susunan surat pengunduran diri yang benar. Selanjutnya, tinggal perhatikan nih contoh-contoh surat pengunduran diri berikut ini agar jangan sampai salah dalam menulisnya.

Contoh pertama

Ikhim

Kemang Raya No.69, Jakarta Selatan – 081224141844 – jojo@email.com

11 April 2019

Bapak Mas Bud

Manager

PT Baru Jadi

Bintaro No. 69

Kepada yang terhormat Bapak Mas Bud,

Saya menyampaikan pengunduran diri dari posisi Executive Assistant di PT Baru Jadi dua minggu dari sejak surat ini diterima.

Terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama dua tahun terakhir. Bapak dan tim telah menciptakan iklim yang membuat saya senang untuk datang bekerja dan terus berkontribusi bagi perusahaan hingga saat terakhir bekerja.

Kalau ada hal yang perlu dilakukan selama masa transisi, saya bersedia memberi bantuan agar semuanya berjalan sesuai harapan.

Hormat saya,

Ikhim

Contoh kedua

Indro

Fatmawati Raya No.69, Jakarta Selatan – 081224141844 – indro@email.com

11 April 2019

Bapak Mas Tur

Manager

PT Kemarin Jadi

Bintaro No. 96

Kepada Bapak Mas Har yang terhomat,

Melalui surat ini, saya sampaikan maksud pengunduran diri dari posisi Sales Executive di PT Kemarin Jadi. Ada pun waktu pengunduran dirinya mulai efektif tanggal 3 Mei 2019.

Terima kasih atas dukungan dan peluang yang telah Bapak berikan kepada saya selama dua tahun terakhir. Saya benar-benar menikmati pekerjaan saya di PT Kemarin Jadi. Saya sangat berterima kasih atas motivasi dan inspirasi yang telah Bapak berikan agar terus memberi kontribusi terbaik dan mendorong saya bertumbuh menjadi seorang yang profesional.

Kalau ada yang bisa dibantu selama masa transisi terkait pekerjaan, harap beritahu saya. Dengan senang hati, saya akan membantu.

Salam hormat,

Indro

Contoh ketiga

Mas Har

Bintaro Raya No.69, Jakarta Selatan – 08089899666 – mashar@email.com

11 April 2019

Bapak Solihun

Manager

PT Semoga Jadi

Fatmawati No. 96

Kepada yang terhormat Bapak Solihun,

Saya menulis surat ini dengan tujuan menginformasikan maksud pengunduran diri dari posisi Marketing Executive di PT Semoga Jadi. Pengunduran diri saya mulai berlaku pada tanggal 3 Mei 2019.

Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas peluang karier yang telah diberikan. Begitu banyak hal-hal baru dan bermanfaat selama dua tahun bekerja di PT Semoga Jadi. Saya menghargai betul setiap masukan yang dimaksudkan untuk pengembangan karier.

Saya bersedia untuk memberi bantuan terkait pekerjaan selama masa transisi. Untuk itu, jangan sungkan untuk menyampaikan maksud tersebut.

Hormat saya,

Mas Har

Contoh keempat

Bisma Gumilang

Bogor Raya No.77, Jawa Barat – 08089898888 – bismagumilang@email.com

April 11, 2019

Mr. Solehun

Manager

PT Gulaku Bukan Gulamu

Fatmawati No. 88

Dear Mr. Solehun,

I would like to inform you that I am resigning from my position as Office Manager at PT Gulaku Bukan Gulamu. My last day will be May 3, 2019.

Thank you for the opportunity to learn how to maintain office services by organizing office operations and procedures, preparing payroll, controlling correspondence, designing filing systems, reviewing and approving supply requisitions, assigning and monitoring clerical functions, and to contribute to the team. I am so grateful for the experience and for your support.

Please let me know how I can help make the transition as smooth as possible. I wish you and the team continued success.

Sincerely,

Agung Gumilang

udah dapat gambaran yang jelas bukan mengenai pembuatan surat pengunduran diri ini? Semoga informasi barusan yang kamu baca bermanfaat ya! buat rekomend nya yang mungkin ada yang sedang mau mengundurkan diri dari perusahaan nya sekarang dan bagi yang sedang berniat membuka usaha namun kekurangan modal Anda bisa mengadaikan bpkb mobil dan motor Anda di sini www.gadaibpkbku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Call Now Button